B A C K G R O U N D

Jumat, 15 April 2011

Laporan tahun 2008

{[[''],['']]}
LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN
PEMERINTAHAN, PEMBANGUNAN, KEMASYARAKATAN, DAN PELAYANAN TAHUN 2008
DI KELURAHAN CISARANTEN KIDUL KECAMATAN GEDEBAGE
KOTA BANDUNG




BAB I
PENDAHULUAN
Kelurahan sebagai salah satu ujung tombak pemerintah daerah, diharapkan menjadi sentral kegiatan dalam hal bidang pemerintahan, kemasyarakatan maupun perekonomian pembangunan dan lingkungan hidup. Hal tersebutu didasari dengan adanya paradigma yang baru mengenai pemerintahan daerah yang tertuang dalam Undang-undang nomor 32 Tahun 2004 sebagai pengganti dari Undang-undang nomor 22 tahun 1999.
A.   Dasar
1.    Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Otonomi Daerah ;
2.    Undang-undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah ;
3.    Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 65 Tahun 1999 tentang Pedoman Umum Pengaturan Mengenai Pembentukan Kelurahan.

B.   Maksud dan Tujuan
1.    Maksud
Penyusunan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan tahun 2008 merupakan hasil evaluasi kegiatan selama satu tahun di Kelurahan Cisaranten Kidul yang meliputi kegiatan bidang pemerintahan, ekonomi, pembangunan, kemasyarakatan, dan Pelayanan.
2.    Tujuan
Penyusunan kegiatan-kegiatan dimaksud adalah untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan selanjutnya.




C.   Ruang Lingkup Laporan meliputi :
I.  PENDAHULUAN
    1. Dasar
    2. Maksud dan Tujuan
    3. Ruang Lingkup Laporan
II  Bidang Pemerintahan Umum
a.          Idiologi
b.         Pelayanan
c.          Pembinaan aparatur
d.         Administrasi Kantor dan Inventarisasi Kantor
e.          Pembinaan Lembaga Masyarakat
III  Bidang Ekonomi dan Pembangunan
a.         Bidang Ekonomi
b.         Bidang Pembangunan
IV  Potensi Wilayah
a.    Pendidikan
b.    Kesehatan
c.    Kemakmuran
d.    Seni dan Budaya
e.    Lingkungan Hidup
V  Bidang Kemasyarakatan
VI   Kompleksitas Permasalahan & Upaya
a.    Bidang Pemerintahan
b.    Bidang Pembangunan
c.    Bidang Pemberdayaan Masyarakat
VII  Kesimpulan dan Saran
VIII  Penutup
II  BIDANG PEMERINTAHAN UMUM
1.    Ideologi
Berubahnya tatanan pemerintahan dari era orde baru ke era reformasi telah membentuk suatu tatanan Otonomi Daerah, yang pada akhirnya membawa suhu politik warga masyarakat Cisaranten Kidul cukup berkembang. Hal ini tercipta berkat adanya kerjasama yang baik antara Pemerintahan Kelurahan, lembaga masyarakat, dan tokoh mayarakat dalam mensosialisasikan segala hal yang ada kaitannya dengan tugas pemerintahan dapat diterima dengan baik dan transparan oleh segenap lapisan masyarakat yang aspirasinya bermacam-macam dengan Pancasila sebagai pedoman hidup di dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.    Pembinaan Aparatur
Pegawai Kelurahan Cisaranten Kidul berjumlah 10 (sepuluh) orang yang terdiri dari 7 (Tujuh) orang status Pegawai Negeri Sipil (PNS), 2 (dua) orang masih berstatus Pegawai Sukarelawan dan 1 (satu) orang    P3N. Pelaksanaan tugas berjalan sebagaimana mestinya. Kegiatan rapat yang dilaksanakan meliputi :
a.    Rapat kordinasi yang dihadiri oleh para ketua RW, RT, Tokoh Masyarakat, PKK, LPM, Karang Taruna dan pegawai kelurahan, membahas masalah-masalah yang ada di wilayah kerja RW masing-masing yang dilaksanakan setiap hari jumat minggu terahir setiap bulan;
b.    Briefing staf dilaksanakan setiap hari Rabu bulan pertama atau tergantung keadaan yang membahas masalah program kerja dan evaluasi hasil kerja serta pelaporan kegiatan yang sudah dilaksanakan;
c.    Rapat dilaksanakan dengan membahas program-program, kegiatan maupun informasi yang diterima baik dari tingkat kota maupun tingkat kecamatan yang harus disosialisasikan lagi ke tingkat RW/ RT;
d.    Rapat-rapat yang diselenggarakan oleh PKK Kelurahan Cisaranten Kidul.
3.    Administrasi Kantor/ Inventarisasi Kantor
a.    Penyimpanan arsip surat masuk maupun surat keluar disimpan secara baik sesuai klasifikasi dan indeks surat disimpan dalam lemari arsip.
Jumlah surat masuk selama tahun 2008 sebanyak 202  lembar
Jumlah surat keluar selama tahun 2008 sebanyak 82 lembar
b.    Meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat baik pembuatan surat-surat yang diperlukan maupun yang lainnya sesuai dengan kebutuhan yang bersangkutan dilayani secara baik sesuai tujun Otonomi Daerah tentang pelayanan prima.
c.    Membenahi tata ruang kantor Kelurahan Cisaranten Kidul.
d.    Mencatat/ membukukan barang inventaris serta merawatnya secara teratur.

4.    Pembinaan Lembaga Masyarakat
Kegiatan pelaksanaan program Pemerintah Kota maupun instansi lintas sektoral :
a.    Mengadakan koordinasi dengan para pengurus RT/ RW dan pembentukan pengurus LPM Kelurahan Cisaranten Kidul.
b.    Membentuk kepanitiaan pemilihan pengurus RT yang telah habis masa baktinya sampai dengan pelantikan.
c.    Dalam kesempatan pelantikan pengurus RT yang baru, langsung diberikan pembekalan/ pembinaan tentang tugas pokok dan fungsi pengurus RT.
d.    Melaksanakan pembinaan terhadap pengurus RT dan RW.
e.    Melaksanakan tugas yang diberikan oleh pemerintah kota maupun dari tingkat kecamatan.


III  BIDANG EKONOMI DAN PEMBANGUNAN
Upaya koordinasi pembangunan sebagai mekanisme dari bawah dan kebijakan dari pemerintah tingkat atas di wilayah Kelurahan Cisaranten Kidul didukung oleh pembiayaan dari Pemerintah berupa APBD Melalui DASK Kecamatan bahkan Swadaya Murni masyarakat, harus menghasilkan dampak perekonomian maupun kesejahteraan bagi masyarakat di wilayah Kelurahan Cisaranten Kidul.
Prioritas Kegiatan Bidang Ekonomi dan Pembangunan untuk tahun 2008 mencakup :


I.    Bidang Ekonomi  
1.  Bantuan Ternak Jangkrik di RW. 01
2.  Bantuan Ternak Lele dan Belut di RW. 02
3.  Bantuan Modal Warung di RW.07 dan 14
4.  Pembentukan Koperasi di RW. 07, 10 dan 13
5.  Pemberian Dana Sehat di RW. 07
6.  Bantuan Modal Perpustakaan di RW. 08
7.  Pembentukan UKM di RW. 10
Pembangunan Lembaga Keuangan Masyarakat Kelurahan yang meliputi :
-     Pembinaan koperasi;
-     Pembinaan dan evaluasi perkembangan Usaha kecil dan Menengah (UKM);

II.   Bidang Pembangunan
1.    Pembangunan Kantor RW di RW. 01, 02, 03, 04 dan 07
2.    Perbaikan Pos Kamling di RW. 10
3.    Pembangunan Gedung Serba Guna RW. 10

IV POTENSI WILAYAH


1.      Pendidikan
Dalam rangka mencerdaskan bangsa, pendidikan mutlak menjadi pilar penyangga demi terwujudnya masyarakat yang mandiri. Potensi wilayah yang terdapat di Kelurahan Cisaranten Kidul antara lain terdapatnya 3 Bina Keluarga Balita Kesiapan Masuk Sekolah (BKB Kemas) yaitu:
a.    BKB Kemas Melati yang bertempat di RW 01 Rancasagatan;
b.    BKB Kemas Delima yang bertempat di RW 03 Gedebage Wetan, serta
c.    BKB Kemas Nusa Indah yang bertempat di RW 04 Rancapacing.
Selain 3 BKB Kemas di atas, Kelurahan Cisaranten Kidul juga memiliki 2 (dua) Sekolah Dasar yaitu SD Cisaranten Kidul serta SD Rancasagatan dan 1(satu) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 6. Sementara itu untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat berupa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah Cisaranten Kidul sampai dengan saat ini diusulkan kepada Dinas Pendidikan Kota Bandung untuk membuka SMP terbuka yang menginduk kepada SMPN 51 Kota Bandung.
 
2.      Kesehatan
Dalam hal kesehatan, maka kelurahan Cisaranten Kidul mengimplementasikan Program Kelurahan Siaga untuk membantu ibu hamil dalam proses persalinan serta Program Rehabilitas Berbasis Masyarakat (RBM) untuk membantu masyarakat yang memiliki kondisi fisik berupa cacat bawaan. Sementara itu, swadaya masyarakat  Kelurahan Cisaranten Kidul yang terkumpul untuk membantu warga miskin atau kurang mampu baik yang tercatat dalam Keputusan Walikota (askeskin) maupun yang belum tercatat sejumlah kurang lebih Rp. 36.500.000,- serta bantuan lain yang diberikan oleh Pemerintah Kota berupa BAWAKU SEHAT.
Pemberdayaan masyarakat juga terlihat dari kegiatan POSYANDU yang rutin diselenggarakan di masing-masing RT maupun RW di Kelurahan Cisaranten Kidul, untuk mengawasi tumbuh kembang anak balita, sehingga terhindar dari penyakit gizi buruk maupun hidrocepphalus, dimana kegiatan tersebut berbasis swadaya masyarakat yang terkumpul tiap bulannya mencapai kurang lebih Rp. 5.000.000,-

3.      Kemakmuran /Daya Beli
Sementara itu dalam hal kemakmuran, maka tingkat kesejahteraan masyarakat di bidang ekonomi menunjukkan perkembangan yang berarti sejak digulirkannya program BAWAKU MAKMUR, dimana swadaya masyarakat yang terkumpul untuk mendorong Usaha Kecil Menengah (UKM) sejumlah Rp. 1.684.000.000,- serta bantuan pemerintah senilai Rp. 247.500.000,- bagi 143 pemohon baik perorangan maupun kelompok guna mendorong lajunya pertumbuhan ekonomi 11 % Tahun 2008.
Terkait dengan bidang kemakmuran, di Kelurahan Cisaranten Kidul terdapat sarana berupa 4 (empat) buah koperasi yang mana 2 (dua) di antaranya sudah berbadan hukum yang siap melayani masyarakat dalam mencukupi kebutuhan ekonomi sesuai dengan asas Pancasila.

4.      Seni dan budaya
Seni dan budaya di kelurahan Cisaranten Kidul tercermin dengan terdapatnya Orkes Dangdut sejumlah 1 grup; kesenian calung sejumlah 4 (empat) grup; Pencak Silat berjumnlah 1 (satu) kelompok; kesenian riak sejumlah 1 (satu) kelompok ; kesenian Rebana sejumlah 6 (enam) grup serta kesenian Nasyid sejumlah 2 (dua) grup.
Maraknya kesenian yang terdapat di kelurahan Cisaranten Kidul mengindikasikan keberagaman potensi seni yang ada, dimana menjadi tugas bersama bagi pemerintah dan masyarakat dalam melestarikan budaya seni yang ada dalam rangka mencapai Bandung Kota Seni dan Budaya tahun 2008.       
5.      Lingkungan Hidup
Atensi masyarakat dalam melestarikan lingkungan hidup guna mencapai Bandung Berbunga tahun 2008 dilaksanakan dengan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat umum dan stakeholder lain yang ada di Kelurahan Cisaranten Kidul yang antara lain berupa:
a.    Penanaman pohon Produktif sejumlah kurang lebih 10.000 pohon di sepanjang bantaran sungai Cisaranten-Cinambo;
b.    Penanaman pohon Produktif sejumlah kurang lebih 100.000 bibit pohon yang ditempatkan pada masing-masing RW se-Kelurahan Cisaranten Kidul yang dilaksanakan serempak pada tanggal 01 Desember 2007 dalam rangka Gerakan Perempuan Tanam Pohon untuk mengurangi efek Global Warming;
c.    Dilaksanakannya Jumat Bersih sebagai bentuk gotong royong antar warga untuk menjaga lingkungan sekitarnya;
d.    Serta Lomba Kebersihan antar RW yang dilaksanakan setiap 6 bulan sekali sebagai bentuk evaluasi kebersihan masing-masing RW.

            Kegiatan Bidang Kemasyarakatan sebagian besar menitik beratkan kepada :
1.  Pembinaan Karang Taruna
2.  Pengentasan Kemiskinan
3.  Pembinaan Kesehatan Masyarakat melalui Posyandu, Posbindu bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Gedebage.
4.  Penyuluhan mengenai keagamaan dan berbagai kegiatannya seperti Bazis, MTQ, Pengajian.
a.    Kegiatan yang dilaksanakan dalam upaya meningkatkan aktifitas pengurus Lembaga Masyarakat terhadap program kerjanya meliputi :
1.      Membina lembaga masyarakat yang ada di wilayah kelurahan Cisaranten Kidul agar mengerti dan dapat melaksanakan tugas dan fungsi serta kewajiban pokok sesuai dengan Undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, dan keputusan Walikota nomor 178 tahun 2000 tentang Tata cara pembentukan Rukun Tetangga dan Rukun Warga.
2.      Melaksanakan Keputusan Walikota Bandung Nomor. 278 Tahun 2008, tentang petunjuk teknis pembentukan kepengurusan, uraian tugas dan mekanisme kerja administrasi Rukun Tetangga, Rukun Warga, PKK, Pokja, dan Dasa Wisma.
3.      Memonitoring kegiatan lembaga-lembaga masyarakat yang ada di wilayah kelurahan Cisaranten Kidul.
4.      Berusaha memberikan pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat secara baik atau yang disebut dengan Pelayanan Prima.
5.      Berupaya tetap membudayakan Gerakan Disiplin Nasional dari mulai tingkat kelurahan sampai kepada lembega-lembaga yang ada dan masyarakat kelurahan Cisaranten Kidul.
6.      Melaksanakan penyaluran Beras Miskin ( RASKIN ) agar tepat sasaran sebanyak  1760 KG  uuntuk 88 Kepala Keluarga ( KK ).
b.    Kegiatan  Sosial Budaya
Kegiatan  Sosial Budaya yang dilaksanakan di Kelurahan Cisaranten Kidul meliputi :
1.         Pengadaan alat kesenian Calung dan Kuda lumping di RW 01,02.
2.         Pembinaan Grup Nasyid di RW. 03,04,dan 08
3.          Perbaikan rumah jompo di RW. 07.
4.         Pengadaan alat tari di RW 10.
5.         Pelayanan Askes Kin di RW 07.
c.    Kegiatan Keagamaan
Kegiatan Keagamaan yang dilaksanakan di kelurahan Cisaranten Kidul diantaranya :
1.         Melaksanakan kegiatan peringatan hari-hari raya keagamaan
2.         Mencatat dan melaporkan hasil zakat fitrah, Infaq dan Shadaqah pada bulan Ramadhan 1423 H/ tahun 2008.
3.         Monitoring kegiatan keagaman yang diselenggarakan oleh pengurus DKM-DKM.
4.         Peningkatan kerohanian melalui pengajian rutin yang diselenggarakan di tiap-tiap RW/ mesjid yang ada di kelurahan Cisaranten Kidul.
5.         Kegiatan Keluarga Berencana / Kesehatan
Kegiatan-kegiatan seperti dijelaskan di atas tersebut meliputi antara lain :
1.         Melaksanakan pendataan keluarga oleh pengurus KB dan kader.
2.         Melaksanakan penimbangan Balita di Posyandu  di wilayah RW nya masing-masing setiap bulanya.
3.         Mendata dan mencatat akseptor baru di tiap-tiap RT oleh petugas KB dan kader.
4.         Pemberian vitamin A di Posyandu masing-masing RW
5.         Pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Putaran pertama dan kedua dan ketiga  tahun 2008.

V. KOMPLEKSITAS PERMASALAHAN


1.      Bidang Pemerintahan
Secara umum Bidang Pemerintahan di Kelurahan Cisaranten Kidul Kecamatan Gedebage tidak ada  terdapat permasalahan yang berarti karena seluruh fungsi struktur Kelurahan, RW, RT, dan lembaga yang ada di Kelurahan sudah terbentuk dengan lengkap. Hanya saja dalam hal pengendalian jumlah penduduk menjadi fokus perhatian dalam bidang pemerintahan, dikarenakan banyaknya penduduk “gelap” atau penduduk pendatang yang tidak dikenal serta tidak dilengkapi dengan surat pindah ataupun dokumen pelengkap lainnya.

2.      Bidang Pembangunan
Pembangunan fasilitas umum seperti jalan, saluran limbah rumah tangga, sarana olahraga  dan pembangunan fisik lainya sangat membutuhkan bantuan Pemerintah Kota maupun Provinsi. Sementara itu, lebih spesifik lagi diharapkan Pemerintah Kota memperhatikan permohonan sebagian masyarakat Kelurahan Cisaranten Kidul untuk membangun  jalan tembus yang berasal dari Jalan Gedebage Selatan menuju Kompleks Riung Bandung, dimana di Kompleks Riung Bandung terdapat Puskesmas Riung  Bandung yang merupakan satu-satunya sarana pengobatan di wilayah Kecamatan Gedebage, tetapi tidak adanya akses jalan mengakibatkan warga mengalami kesulitan jika akan berobat.
Sampai dengan saat ini pembebasan lahan tanah yang digunakan untuk proyek normalisasi Sungai Cisaranten-Cinambo milik Marry Rebecca masih menuai masalah, karena belum adanya kesepakatan antara pemilik tanah dengan Pemerintah Kota Bandung, sehingga diharapkan perhatian dari Pemerintah Kota Bandung untuk menyelesaikan masalah tersebut untuk kepentingan bersama.
Selain hal tersebut di atas, pembangunan kantor sekretariat RW menjadi hal yang penting, dikarenakan sebagian besar RW yang ada di kelurahan Cisaranten Kidul belum memiliki kantor seketariat RW, mengingat fungsi kantor tersebut bukan saja hanya sebagai tempat administrasi atau kegiatan RW semata, tetapi juga sebagai balai serbaguna yang mana dapat digunakan sebagai POSYANDU, tempat pertemuan masyarakat, maupun pengajian bagi ibu-ibu majelis taklim.

3.     Bidang Pemberdayaan Masyarakat  
            Kegiatan Bidang Kemasyarakatan sebagian besar menitik beratkan kepada :
1                Pembinaan Karang Taruna
2      Pengentasan Kemiskinan
3       Pembinaan Kesehatan Masyarakat melalui Posyandu, Posbindu bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Gedebage.
4       Penyuluhan mengenai keagamaan dan berbagai kegiatannya seperti Bazis, MTQ, Pengajian.
            Kegiatan yang dilaksanakan dalam upaya meningkatkan aktifitas pengurus Lembaga Masyarakat terhadap program kerjanya meliputi :
1     Membina lembaga masyarakat yang ada di wilayah kelurahan Cisaranten Kidul agar mengerti dan dapat melaksanakan tugas dan fungsi serta kewajiban pokok sesuai dengan Undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, dan keputusan Walikota nomor 178 tahun 2000 tentang Tata cara pembentukan Rukun Tetangga dan Rukun Warga.
2     Melaksanakan Keputusan Walikota Bandung Nomor. 278 Tahun 2008, tentang petunjuk teknis pembentukan kepengurusan, uraian tugas dan mekanisme kerja administrasi Rukun Tetangga, Rukun Warga, PKK, Pokja, dan Dasa Wisma.
3     Memonitoring kegiatan lembaga-lembaga masyarakat yang ada di wilayah kelurahan Cisaranten Kidul.
4     Berusaha memberikan pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat secara baik atau yang disebut dengan Pelayanan Prima.
5     Berupaya tetap membudayakan Gerakan Disiplin Nasional dari mulai tingkat kelurahan sampai kepada lembega-lembaga yang ada dan masyarakat kelurahan Cisaranten Kidul.
6     Melaksanakan penyaluran Beras Miskin ( RASKIN ) agar tepat sasaran sebanyak  1760 KG  uuntuk 88 Kepala Keluarga ( KK ).
Selain itu, dalam rangka mengurangi pengangguran yang ada di Kelurahan Cisaranten Kidul Kecamatan Gedebage perlu adanya suatu program pendidikan dan latihan bagi masyarakat dalam usia produktif sehingga menjadi tenaga siap kerja demi memajukan kesejahteraan masyarakat Kelurahan Cisaranten Kidul yang berdampak pada peningkatan indeks pembangunan masyarakat (IPM).

4.  Upaya
Berdasarkan hasil analisis kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan ancaman yang diperkirakan akan muncul, maka dirumuskan beberapa strategi sebagai berikut :
a.    Meningkatkan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Aparatur Pemerintah Kelurahan;
b.    Meningkatkan koordinasi antara lembaga masyarakat, lembaga pendidikan yang ada, lembaga ekonomi, dalam rangka merumuskan Kebutuhan masyarakat melalui musrenbang;
c.    Meningkatkan pemahaman Tupoksi aparat Kelurahan dan lembaga – lembaga masyarakatdan masyarakatnya yang profesional, efektif, efisien, akuntabel dan transparan;
d.    Meningkatkan kepedulian pengusaha  / pengembang dan masyarakat terhadap lingkungan dan masa depan penggarap / penganggur serta pra KS;
e.    Meningkatkan sarana dan prasarana kerjasama dengan para pengembang;
f.     Meningkatkan kondisi sarana prasarana melalui kerjasama dengan SKPD terkait dan pengembang;
g.    Meningkatkan kerjasama dan kemitraan dengan pengembang untuk meningkatkan kualitas SDM Aparat dan Masyarakat;
h.   Meningkatkan sosialisasi, koordinasi dan konsultasi dengan instansi terkait / pengmbang.

VI   KESIMPULAN DAN SARAN
A.   Kesimpulan
1.      Kegiatan di bidang pemerintahan berjalan cukup lancar meskipun dukungan dan sarana masih jauh dengan apa yang diharapkan ;
2.      Kegiatan di bidang ekonomi dan pembangunan masih tetap berjalan sesuai dengan juklak/ juknis dari tingkat Kota Bandung ;
3.      Kegiatan kemasyarakatan berjalan secara rutin sesuai dengan kegiatan yang ada di kelurahan Cisaranten Kidul maupun di tingkat RT dan RW;
B.   Saran
Kelurahan Cisaranten Kidul dalam menjalankan tugas roda pemerintahan cukup baik dan berhasil karena berkat keadaan masyarakatnya yang cukup kondusif tidak tertinggal oleh Kelurahan yang lain yang ada di wilayah Kecamatan Gedebage. Harapan kami agar pembinaan dari tingkat Kota Bandung ataupun dari Kecamatan Gedebage lebih sering diadakan secara berkala.










VII   PENUTUP

Demikian laporan pelaksanaan tugas kegiatan di bidang pemerintahan, ekonomi, pembangunan bidang kemasyarakatan serta bidang ketentraman dan ketertiban yang dilaksanakan dalam kurun waktu tahun 2008 di Kelurahan Cisaranten Kidul Kecamatan Gedebage Kota Bandung ini sebatas dengan kemampuan yang dimiliki dan kami telah berupaya konsultasi, koordinasi semaksimal mungkin dengan instansi yang terkait.
Mudah mudahan  Evaluasi Pembangunan Tahun 2008 ini dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan tahun berikutnya.


Bandung, 02 Januari 2009
LURAH CISARANTEN KIDUL,



YUDI K SUDRAJAT, SE
Penata  
NIP. 19601001 198903 1 003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar